BUMI SEMAKIN PANAS

Panas sekali hari ini ya? Begitulah pertanyaan beberapa orang yang aku temui beberapa hari terakhir ini. Jangankan di Jakarta, di Kota Bogor yang terkenal dengan daerah yang sejuk pun sudah panas menyengat, begitulah kata kerabat yang tinggal di Kota Bogor. Aku orang yang awam sekali terhadap perubahan iklim hanya berpikir, apakah ini pertanda bumi sedang mencari keseimbangan? Bukankah segala yang ada di muka bumi ini membutuhkan keseimbangan? Atau, katakanlah selalu ada pasangan sebagai bentuk akibat.

Kenapa suhu udara di bumi dari tahun ke tahun semakin panas. Pasti ada sebabnya. Kadang kita berpikir praktis dengan meremehkan akibatnya. Sebagai contoh penggunaan bahan plastik, setiap kita berbelanja di warung dekat rumah, di pasar becek, pasar modern, selalu saja bungkusnya plastik. Walau hanya berbelanja sedikit dan bisa masuk saku celana atau baju.

Bayangkan bila setiap hari kita berbelanja dan setiap hari pula kita ‘menabung’ plastik  di rumah. Cepat atau lambat, nanti atau sekarang, plastik-plastik itu akan di buang. Di bak sampah atau TPS. Plastik-plastik itu suatu saat akan menumpuk, menyebar mencemari tanah. Kalau di bakar menimbulkan cemaran udara yang mempengaruhi atmosfir bumi.

Itu baru dari plastik. Belum lagi cemararan dari sabun, shampoo, pasta gigi, baju yang kita kenakan, kendaraan yang kita pakai, alat pemasak, penyejuk udara, kertas, dan masih banyak lagi. Itu yang terdekat dengan sekitar kita. Bagaimana dengan yang jauh dari sekitar kita? Penebangan pohon yang legal/ illegal tanpa di imbangi dengan penanaman kembali. Sama, membuat bumi semakin panas.

Akan manusia ber-evolusi menjadi manusia yang bukan sekarang akibat menyesuaikan diri dari panas suhu bumi yang terus naik?

Bagaimana menurut anda?

2 responses to this post.

  1. Memang semakin panas…dan rasa2nya iklim berubah begitu cepat

    salam

    http://thomasandrianto.wordpress.com/2010/04/09/aouw-mas-pelan-pelan-dong-sakiiiiiit/

    Balas

  2. Betul bung Thomas, atau kita yang semakin lemah?
    Terima kasih telah mampir.

    Salam dari Bogor

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: