TIPS DI JALAN RAYA

Saya yakin, sebagian besar dari kita tiap hari bepergian memakai kendaraan sendiri, minimal motor roda dua. Ke sekolah, kantor, atau sekedar jalan-jalan. Ada satu tips yang perlu di ketahui, bila kita pergi agak jauh dari tempat tinggal kita. Tempat yang agak jauh atau jarang di kunjungi, biasanya kita terlena dengan keadaan, misalnya jalan macet, jalan yang mulus atau bahkan jalan yang rusak.

Saat di jalan perhatikan, bila di kedua sisi jalan banyak tukang tambal ban, segeralah waspada. Kemungkinan di kedua sisi jalan banyak sesuatu dan berhubungan dengan tukang tambal ban. Tips :

Jangan sekali-kali jalan di bagian sisi paling kiri, walau macet tetaplah jalan di bagian tengah jalan. Ini akan aman dari ‘jebakan ranjau darat’ berupa paku untuk trilek. Tentu berbahaya bagi sepatu kuda kita. Sabarlah! Walau macet. Contohnya di sekitar jalan dari dan-ke fly over Permata Hijau-Senayan. Sudah banyak korban berjatuhan.

Nah, kalo yang ini lain lagi. Jalan lebar, jarang ada penyeberang dan jarang tukang tambal ban. Yang umum di pinggir tol dalam kota. Contoh sisi kiri/ kanan tol arah Tangerang (Jalan Terusan Arjuna Utara dan Selatan). Juga di dua arah jalan Gatot Subroto-S. Parman. Polda Metro Jaya sering melakukan sweeping, hasilnya beberapa kilo paku di dapat. Tips :

Jangan berkendara terlalu ke pinggir kiri, lagi-lagi jebakan ada di pinggir paling kiri.

Nah, kalau yang ini bagi yang mengendarai mobil. Bila tiba-tiba sekali ban kempes, jangan berhenti. Tips :

Jalan pelan-pelan, cari tempat yang banyak orang/ bengkel. Periksa! Bila di temukan benda asing masuk ke kulit ban, berbentuk jari-jari payung yang di runcingkan. Di pastikan itu adalah tindakan orang jahat yang mengincar kita. Saya pernah jadi korban yang satu ini.

Yahhhh … semoga bermanfaaf!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: