ELECTRONIC LAW ENFORCEMENT

Ku tak hendak menyalahkan siapapun, lembaga manapun, dinas manapun atau apa itu namanya. Hanya saja, sangat di sayangkan bila uang negara ‘terbuang’ percuma hanya untuk menghabiskan alokasi anggaran.
Rencana Polda Metro Jaya yang akan memasang sensor yang dapat merekam pelanggaran lalu lintas di jalan-jalan protokol ibukota, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk membeli alat, membangun sistem dan sosialisasi pada publik.
Bila alat ini berfungsi dan terawat dengan baik, tentu akan bermanfaat. Namun bila kemudian seperti alat penghitung mundur yang dipasang pada beberapa titik lampu merah yang akhirnya tak berfungsi karena ‘mati’ tentu sangat di sayangkan. Padahal alat ini sangat membantu sekali pengguna jalan. Tujuan pemasangan alat ini adalah mengurangi kecelakaan akibat tabrakan, dan mengurangi kemacetan. Di beberapa titik akhirnya alat ini ‘mati’ tak berdaya.
Yang aku tahu sedikitnya di tiga titik persimpangan jalan alat ini sudah tak berfungsi. Yaitu di persimpangan gaplek Pamulang, di persimpangan jalan KS. Tubun Kedunghalang dan persimpangan Warung Jambu Kota Bogor. Entah mengapa. Mungkin kurang perawatan atau sengaja di non-aktifkan.
Semoga rencana Polda Metro Jaya yang akan memasang alat perekam pelanggaran lalu lintas ini tak seperti alat penghitung mundur lampu merah. Yang jelas-jelas manfaatnya sangat bagus. Menurut keterangan, alat ini dapat merekam pelanggaran, mengetahui kendaraan hasil curian dan mendeteksi kendaraan yang belum membayar pajak. Bila betul alat ini jadi dipasang, tentu akan sangat membantu masyarakat dan tugas polisi.
Ya, itu semua juga membutuhkan peran masyarakat. Bila perlu masyarakat harus lebih ‘bawel’, bila kemudian alat ini betul-betul jadi dioperasikan kemudian tak berfungsi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: